Implementasi PAK dalam Masyarakat Majemuk

Meri Krisna Dewi Sitepu

Abstract


Mewujudkan kerukunan dalam kemajemukan, tidak terlepas dari peran pendidikan. Pendidikan adalah proses mengubah sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan, proses, cara mendidik. Pelaksanaan PAK dapat berhasil apabila ada kerjasama yang baik dari berbagai pihak seperti: gereja, sekolah sebagai penyelengara, guru sebagai pengajar, kurikulum yang digunakan, sarana dan prasarana yang tersedia serta dukungan masyarakat. Namun sering kali pelaksanaan PAK di gereja maupun di sekolah belum berjalan secara maksimal. Hal ini terjadi karena kurangnya kesadaran akan pentingnya PAK sehingga pelayanan tersebut dinomor duakan bahkan diabaikan. Adanya suatu pergumulan gereja dan para ahli pendidikan Kristen supaya pelaksanaan PAK dapat dikelolah dengan baik dan menjadi sarana pembentukan kerohaniaan peserta didik untuk masa kini dan masa yang akan datang. Hal tersebut dilakukan dengan memperhatikan kurikulum, kualitas pengajar, metode yang digunakan dan strategi belajar mengajar. Memperhatikan kualitas pengajar/guru adalah sesuatu yang penting. Guru mempunyai tugas utuk membimbing dan memperlengkapi peserta didik serta menjadi teladan bagi mereka. Guru yang berkualitas mampu mengajar dengan baik dan menghasilkan peserta didik yang berkualitas.

Full Text:

PDF

References


Awulle, Clartje Silvia E. “Penyelenggaraan Pendidikan Kristen Sebagai Pemenuhan Hak Asasi Manusia.” SIKIP Jurnal Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (2020): 25–37.

Benyamin, Prislika issak, Yogi Mahendra, and Donald Samuel Slamet Santosa. “Metode Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen: Studi Meta Analisis.” SOTIRIA (Jurnal Teologi dan Pelayanan Kristiani) 3, no. 1 (2020): 25–35. http://sttpaulusmedan.ac.id/e-journal/index.php/sotiria/article/view/17.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1999

Hamalik, Oemar, Manajemen Pengembangan Kurikulum, Bandung: Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia dengan PT Remaja Rosdakarya, 2007

Hartono, Handreas. “Kurikulum PAK Yang Kontekstual Bagi Usia Lanjut Dan Aktual.” KURIOS (Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen) 1, no. 1 (2013): 11–21.

Hartono, Handreas. “Membentuk Karakter Kristen Pada Anak Keluarga Kristen.” KURIOS (Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen) 2, no. 1 (2014): 62–69. www.sttpb.ac.id/e-journal/index.php/kurios.

Hasugian, Johanes Waldes. “Kurikulum Dan Pembelajaran Warga Jemaat Dewasa Di Gereja.” KURIOS (Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen) 5, no. 1 (2019): 36–53.

Hasugian, Johanes Waldes. Menjadi Guru PAK Profesional Melalui Supervisi Pendidikan Agama Kristen. 2nd ed. Medan: CV. Mitra, 2016.

Hasugian, Johanes Waldes. Strategi Belajar Mengajar Pendidikan Agama Kristen Yang Efektif. Prodi Teologi STT-SU, 2016.

Nainggolan, Jon M, PAK Dalam Masyarakat Majemuk, Bandung: Bina Media Informasi, 2009

Non-Serrano, Jansen Belandina, Profesionalisme Guru dan & Bingkai Materi, Bandung: Bina Media Informasi, 2009

Samuel, Donald, Slamet Santosa, Donna Sampaleng, and Abdon Amtiran. “Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran.” SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (2020): 11–24.

Sidjabat, B.S, Mengajar Secara Profesional, Bandung: Yayasan Kalam Hidup, 2009

Stefanus, Daniel, Pendidikan Agama Kristen Kemajemukan, Bandung: Bina Media Informasi, 2009

Sudjana, Nana, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: C.V Sinar Baru, 1988


Refbacks

  • There are currently no refbacks.