PENGARUH PENGGUNAAN METODE BERVARIASI TERHADAP HASIL BELAJAR PAK SISWA KELAS VIII SMP BUKIT RAYA

Rosalin Sihombing, Tri Magdalena

Abstract


Pengaruh penggunaan metode bervariasi terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Kristen adalah sesuatu yang harus diperhatikan, dimana guru adalah sebagai seorang pendidik, seorang imam yang harus benar-benar bisa membimbing, mendorong dan harus bisa menciptakan suasana yang benar-benar kondusif. Seorang pengajar dapat menggunakan berbagai macam metode yang ada, namun tidak ketutup kemungkinan masing-masing metode memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing, maka dari itu perlunya menggabungkan metode yang satu dengan metode yang lainnya.Penggabungan metode satu dengan metode yang lain dapat membantu guru dalam mecapai tujuan pembelajaran dan dapat menghilangkan rasa jenuh saat proses belajar mengajar yang sedang berlangsung. Kejenuhan siswa dalam memperoleh pelajaran dapat diamati selama proses belajar mengajar berlangsung seperti kurang perhatian, mengantuk, mengobrol dengan sesama teman atau pura-pura mau ke kamar mandi hanya untuk menghindari kebosanan. Oleh karena itu, penggunaan metode yang bervariatif yang terus dialikasikan akan membantu dalam proses belajar mengajar.

Kata-kata Kunci : Metode Variasi, Pendidikan, Proses Pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Hamalik Oemar. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. 2013.

Hasil Wawancara dengan guru Pendidikan Agama Kristen di SMP Bukit Raya pada tanggal 01 Agustus 2018 jam 10-11 Wib.

Darmadi Hamid. MetodePenelitianPendidikan. Bandung: Alfabeta. 2011.

Suryabrata Sumardi. metodologi penelitian. Jakarta: Raja wali Pers. 2011.

Sanjaya Wina. Strategi Penbelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana. 2011.

Hamruni. StrategiPembelajaran Yogyakarta: Insan. 2011.

Alma Buchari. Guru Profesional. Bandung: Alfabeta. 2009.

Edison Thomas. 52 Metode Mengajar. Jakarta: Adobe Garamond. 2017.

Fathurrohman Pupuh dan Sobry Sutikno. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditama. 2011.

Majid Abdul, Strategi Pembelajaran. Bandung: Rosda, 2013.

Suryani Nunuk dan Leo Agung. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Ombak Dua, 2012.

Syah Muhibbin. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Rosda. 2017.

Parwati Ni Nyoman dan Putu Pesek Suryawan dkk. Belajar Dan Pembelajaran. Depok: Rajawali Pers, 2018.

Mardalis. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara. 2010.

Arikunto Suharsimi. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara. 2016.

Mastuhu. Metodologi Penelitian Agama: Teori dan praktik. PT. Raja Grafindo Persada: 2006.

Suhardjono. Penelitian Tindakan Kelas sebagai Kegiatan Pengembangan Profesi Guru: Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara. 2010.

Umar Husein. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: Rajawali Pers. 2011.

Sukardi. Metode Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT. Bumi Aksara. 2008.

Sukardi. Metode Penelitian Tindakan Kelas Implikasi dan Pengembangannya. Yogyakarta: Bumi Aksara. 2013.

Suharsimi Arikunto Suharsimi. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. 2002.

Setyosari Punaji. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group. 2010.

Faisal Sanapiah. Format-format Penilaian Sosial. Jakarta: Rajawali Graafindo Persada, 2010.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.